Kisah Unik - Hiu Makan Hiu

Satu kasus unik terjadi  tatkala hiu memakan sesama hiu yang lebih kecil. Fenomena ini tertangkap kamera tim peneliti Laboratorium Eksplorasi Laut Pengiderajaan Jauh, dan Biogeografi Universitas Delaware. Potret menunjukkan seekor hiu dogfish ditelan utuh oleh hiu harimau pasir (Carcharias taurus), salah satu predator puncak di lautan.

Peristiwa ini terjadi saat tim peneliti ingin  menangkap si hiu harimau pasir di perairan Teluk Delaware di pesisir timur Amerika Serikat. Ikan pemburu itu sebelumnya telah ditandai dengan alat pelacak sehingga keberadaannya bisa dipantau lewat satelit.






Umpan pun disiapkan. Mereka menggunakan ikan menhaden sebagai umpan. Rupanya Ikan laut ini dengan cepat disambar oleh hiu dogfish (Mustelus canis).

Ternyata hiu dogfish yang menyambar menhaden tidak menyadari kalau dia menjadi incaran hiu harimau yang lebih besar. Dan, akhirnya habis dimangsa.

"Dogfish yang berukuran sekitar satu meter benar-benar ditelan oleh hiu harimau pasir," tulis para peneliti, Rabu, 21 Agustus 2013, seperti dikutip Livescience. Tidak dijelaskan secara gamblang penyebab hiu harimau pasir itu menyantap hiu dogfish. Yang pasti para peneliti mengatakan hiu harimau pasir berjenis kelamin betina itu sedang kelaparan. Setelah ditangkap, difoto, dan dipasang alat pemantau yang baru, hiu harimau pasir itu dilepaskan kembali ke lautan.

Tahukah Anda ? Kendati tergolong predator yang ganas, hiu harimau pasir tidak agresif terhadap manusia. Bahkan hiu ini cukup umum dijadikan hewan peliharaan di dalam akuarium karena ukuran tubuhnya yang mencapai tiga meter dan kemudahannya berkembang biak di penangkaran.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kisah Unik - Hiu Makan Hiu ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 06 September 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kisah Unik - Hiu Makan Hiu
 

0 pendapat:

Posting Komentar